Semua Topik
Panduan Berbisnis
Dari Partner GoFood
4 Indikator Andalan Partner GoFood untuk Menganalisis Laporan Laba Rugi
Dari Partner GoFood
4 Indikator Andalan Partner GoFood untuk Menganalisis Laporan Laba Rugi
4 Indikator Andalan Partner GoFood untuk Menganalisis Laporan Laba Rugi
Laporan laba rugi adalah salah satu alat keuangan yang paling penting bagi usaha makanan. Laporan ini memberikan gambaran jelas tentang kinerja keuangan usaha dengan mencatat pendapatan, biaya, dan laba atau rugi yang diperoleh dalam periode tertentu. Bagi pengusaha makanan, laporan laba rugi tidak hanya membantu dalam mengevaluasi keuntungan, tetapi juga menjadi panduan dalam pengambilan keputusan strategis. Salah satu Partner GoFood yang rajin mengevaluasi laporan laba rugi adalah Mila dari resto Geprek.in. Yuk kita kenalan dahulu!
Baca juga: Tips Jitu Kelola Cabang Tetap Seimbang dan Anti Gulung Tikar
Kenalan dengan Geprek.in Yuk!
Banyaknya peminat menu ayam geprek dan keberadaannya yang cukup konsisten di dunia kuliner membuat pengusaha makanan melihatnya sebagai peluang, termasuk pemilik Geprek.in. Masih termasuk baru, Geprek.in sendiri berdiri sejak tahun 2022 dengan menu andalan berupa ayam geprek. Saat ini, Geprek.in memiliki satu cabang yang beroperasi di Cilandak, Jakarta Selatan.
Gabung GoFood agar Penjualan Makin Lancar
Di tahun yang sama dengan berdirinya resto, Geprek.in langsung bergabung dengan GoFood untuk membantu mereka melayani pelanggan melalui media beli-antar makanan daring (online food delivery). Usahanya terbukti, Geprek.in sukses meningkatkan penjualan meskipun resto mereka tidak berada di pinggir jalan besar yang mudah dikenali pelanggan.
Tidak sampai di situ, Geprek.in juga rutin mengikuti Promo dan Iklan GoFood sebagai upaya memikat lebih banyak pelanggan. Promo GoFood yang rajin diikuti Geprek.in membuat resto tersebut berhasil meningkatkan eksposur. Sementara itu, Iklan GoFood yang diikuti Geprek.in membuat visibilitas resto meroket karena iklan membantu mereka tampil di halaman utama GoFood. Gabungan Promo dan Iklan GoFood ini dinilai tepat sasaran karena terbukti meningkatkan penjualan.
Ketika berkaitan dengan inovasi, Geprek.in mengaku mengandalkan Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) karena komunitas tersebut dapat membantu dirinya untuk terus berkembang melalui ilmu-ilmu yang dibagi dari para mentor dan Partner GoFood lainnya.
Laporan Laba Rugi, Seberapa Penting untuk Usaha Makanan?
Geprek.in membagikan pengetahuan mereka secara umum terkait laba rugi, yakni laba merupakan suatu keuntungan yang didapat oleh resto sedangkan rugi adalah kondisi saat tidak ada keuntungan atau bahkan minus. Dari pengertian tersebut, Geprek.in mengaku bahwa laporan laba rugi dari suatu usaha makanan sangat penting untuk terus dievaluasi secara berkala.
Mengapa laporan laba rugi itu penting? Menurut Geprek.in, laporan laba rugi penting sebab itu adalah bahan evaluasi keuangan dari transaksi keuangan yang berjalan selama periode tertentu, baik transaksi yang menghasilkan kerugian maupun laba dan sebagai pemahaman perkembangan usaha. Dengan memahami posisi keuangan melalui laporan ini, pemilik usaha dapat mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki, mengelola biaya operasional dengan lebih efektif, dan merencanakan ekspansi usaha secara lebih terarah. Keberadaan laporan laba rugi akan menjadi lebih krusial apabila Anda ingin membuka cabang baru yang harus diperhitungkan secara matang.
Geprek.in menginterpretasikan hasil laba bersih dari laporan laba rugi, sebagai berikut:
Margin laba bersih menunjukkan seberapa besar persentase dari setiap penjualan yang tersisa setelah dikurangi semua biaya. Margin laba bersih yang rendah dapat mengindikasikan inefisiensi dalam berbagai aspek operasi, termasuk biaya produksi, pemasaran, dan administrasi.
Baca juga: Cara Ampuh Resto Sambal Bakar Nampol Memaksimalkan Iklan Pencarian GoFood
Kegunaan Laporan Laba Rugi untuk Evaluasi Efisiensi Operasional Bisnis
Geprek.in menyebutkan ada dua kegunaan laporan laba rugi untuk melihat efisiensi operasional bisnis melalui evaluasi berkala. Berikut dua kegunaannya.
- Mengidentifikasi Biaya Operasional yang Tinggi
Laporan laba rugi memberikan rincian biaya operasional, seperti biaya produksi, biaya pemasaran, biaya administrasi, dan lain-lain.
- Membandingkan Kinerja antar-Periode
Dengan membandingkan laporan laba rugi dari periode yang berbeda, Geprek.in dapat melihat tren biaya operasional. Jika biaya terus meningkat tanpa peningkatan pendapatan yang signifikan, ini bisa menjadi tanda adanya masalah efisiensi.
4 Indikator untuk Menganalisis Laporan Laba Rugi
Ada 4 indikator utama yang menjadi perhatian Geprek.in ketika menganalisis laporan laba rugi. Berikut adalah penjelasan lebih mendalam tentang masing-masing indikator yang sering digunakan.
1. Margin Laba
Margin laba adalah rasio yang menunjukkan seberapa besar keuntungan yang dihasilkan dari setiap rupiah penjualan.
2. Rasio Perputaran
Rasio perputaran mengukur seberapa efisien sebuah perusahaan menggunakan asetnya untuk menghasilkan penjualan. Rasio ini sering digunakan untuk mengevaluasi efektivitas manajemen dalam mengelola aset.
3. Rasio Biaya Operasional
Rasio biaya operasional mengukur seberapa besar biaya operasional yang dikeluarkan perusahaan relatif terhadap penjualannya. Rasio ini penting untuk mengevaluasi efisiensi biaya operasional dalam menjalankan bisnis.
4. Return on Investment (ROI)
Return on Investment (ROI) adalah rasio yang digunakan untuk mengukur efisiensi investasi dengan menghitung laba yang dihasilkan relatif terhadap biaya investasi. ROI adalah indikator penting bagi pemilik bisnis dan investor untuk menilai seberapa menguntungkan suatu investasi.
Untuk memudahkan Geprek.in menganalisis laporan laba rugi, mereka mengandalkan Web Portal GoFood Merchant karena aplikasi tersebut menyimpan data resto dengan lengkap. Di Web Portal GoFood Merchant, pemilik usaha makanan dapat melihat laporan harian, tren penjualan, bahkan promo dan iklan yang sedang diaktifkan. Cukup dengan satu aplikasi saja Anda sudah bisa memantau banyak hal, sangat efisien, bukan?
Yuk segera gunakan Web Portal GoFood Merchant!
Demikian penjelasan Geprek.in mengenai laporan laba rugi. Ternyata, laporan tersebut sangat penting bukan untuk melihat kondisi keuangan resto? Tapi yang pasti, agar resto makin cuan, Anda dapat meningkatkan penjualan dengan cara mengaktifkan Promo dan Iklan GoFood melalui tautan di bawah ini.
Apakah materi ini membantu?