Semua Topik
Panduan GoFood Merchant
Panduan GoPay
Apa itu GoPay? Ini 7 Keuntungannya untuk Bisnis Anda!
Panduan GoPay
Apa itu GoPay? Ini 7 Keuntungannya untuk Bisnis Anda!
Apa itu GoPay? Ini 7 Keuntungannya untuk Bisnis Anda!
Bagi Anda yang mengenal aplikasi Gojek, seharusnya Anda sudah mengenanya dengan baik. GoPay adalah dompet digital (e-wallet) yang dapat digunakan untuk bertransaksi melalui aplikasi Gojek, seperti untuk membayar layanan GoFood, GoRide, hingga tagihan bulanan.
Namun, sebetulnya transaksi yang dimaksud tidak terbatas dalam aplikasi Gojek saja. GoPay juga bisa digunakan untuk melakukan banyak transaksi lain di luar aplikasi tersebut, bahkan untuk transaksi offline sekalipun.
Lantas, apa itu GoPay dan apa saja keuntungannya dari kacamata pebisnis seperti Anda? Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah ini!
Fitur-Fitur GoPay Mempermudah Partner GoFood
GoPay tidak hanya menguntungkan pelanggan, tapi juga menawarkan banyak kemudahan bagi Partner GoFood. Oleh karena itu, akan lebih baik jika outlet atau toko Anda memaksimalkan fitur-fitur GoPay semaksimal mungkin.
Fitur-fitur unggulan ini memastikan bahwa apa itu GoPay dapat mendukung Partner GoFood secara optimal dalam upaya mengembangkan bisnis. Berikut beberapa kemudahan yang ditawarkan untuk pemilik merchant:
1. QR Code
Salah satu fitur utama GoPay yang sangat membantu Partner GoFood adalah QR Code GoPay. Dengan adanya QR Code, proses transaksi akan lebih mudah untuk pelanggan. Cukup dengan pindai QR code yang disediakan, pelanggan bisa langsung melakukan pembayaran. Tak perlu lagi repot membuka dompet fisik!
Dengan kata lain, memasang QR Code GoPay di outlet Anda dapat membuat pelanggan merasakan pengalaman belanja terbaik sehingga mendorong mereka untuk kembali bertransaksi.
2. Rekapan transaksi
Setiap transaksi melalui GoPay tercatat dalam riwayat yang bisa Anda cek ulang sewaktu-waktu. Fitur ini akan membantu Anda untuk merekap transaksi keseluruhan, misalnya untuk rekapan harian, mingguan, atau bulanan.
3. Bagikan promo ke media sosial
Selanjutnya, Anda juga bisa memanfaatkan promo sebagai salah satu bentuk promosi di media sosial akun bisnis Anda. Biasanya, narasi yang digunakan seperti ini, “Yuk, pesan produk kami, dapatkan diskon hingga sekian persen dengan pembayaran melalui GoPay!”
4. Cek laporan promo
Selanjutnya, promo di GoPay tersebut bisa Anda lacak secara berkala untuk melihat besaran transaksi dan efektivitas promo yang Anda tawarkan. Jadi, Anda bisa tahu bagaimana reaksi pelanggan terhadap promo tersebut.
5. Update laporan via email
Setiap transaksi melalui GoPay juga akan tercatat dengan detail, lho. Jadi, akan lebih mudah bagi Anda membuat laporan keuangan dengan data transaksi yang dilaporkan secara berkala melalui email terdaftar.
6. Layanan 24/7
Lebih lanjut, Gojek juga menunjukkan komitmen penuh dalam menjaga kualitasnya dengan layanan penuh 24 jam. Jika ada kendala atau keluhan dari Anda sebagai Partner GoFood, tim Gojek akan menampung keluhan tersebut dan berusaha menyelesaikannya dalam waktu secepat mungkin.
Baca juga: Cara Membuat QRIS dengan Penjelasan Mudah dan Lengkap
7 Keuntungan GoPay untuk Partner GoFood
Dengan menggunakan Gopay,paling tidak, ada tujuh keuntungannya yang dapat dirasakan oleh Partner GoFood. Apa saja, sih?
1. Menjangkau pengguna aktif GoPay
Keuntungan pertama yang ditawarkan adalah kesempatan untuk mencuri perhatian calon pelanggan. Pengguna aktifnya sangatlah tinggi, sehingga peluang Anda mendapatkan transaksi juga lebih tinggi.
2. Menambah pendapatan
Dengan jangkauan konsumen yang luas dan peluang transaksi Anda lebih tinggi, berarti kemungkinan Anda mendapatkan untung akan lebih besar karena pendapatan yang bertambah. Usaha Anda pun jadi lebih cuan!
3. Membantu operasional usaha
Menggunakannya juga dapat mendukung operasional usaha Anda. Tersedia fitur pengelolaan usaha yang mencakup kasir, laporan, dan pengelolaan akun. Semuanya bersifat otomatis sehingga begitu praktis!
4. Lebih praktis menerima pembayaran di outlet usaha
Salah satu kendala yang biasanya dihadapi pemilik usaha adalah menyediakan uang kembalian untuk pelanggan. Nah, dengan menggunakannya, Anda tidak perlu mengkhawatirkan kendala itu lagi karena pembayaran sudah bersifat digital.
5. Memberikan promo dengan mudah
Anda juga bisa membuat promo dengan lebih mudah dan membagikan promo tersebut di media sosial. Biasanya, Anda hanya memerlukan aset foto produk dan caption untuk dibagikan.
6. Terintegrasi dengan beragam layanan usaha GoTo
Lebih lanjut, pembayaran ini juga terintegrasi dengan berbagai layanan usaha GoTo, seperti GoFood dan lainnya.
7. Mendapatkan rekap transaksi secara real time
Setiap transaksi akan langsung dilaporkan ke email yang telah Anda daftarkan. Jadi, akan lebih mudah jika Anda perlu melakukan rekap transaksi secara berkala.
Baca juga: Kenalan dengan Fitur Variasi Menu di Aplikasi GoFood Merchant dan Dapatkan Beragam Keuntungannya!
Apakah materi ini membantu?