Semua Topik

Panduan Berbisnis

Level 1 Partner GoFood Berkembang

7 Kata kata Promosi yang Memancing Rasa Penasaran Calon Pelanggan!

Level 1 Partner GoFood Berkembang

7 Kata kata Promosi yang Memancing Rasa Penasaran Calon Pelanggan!

7 Kata-kata Promosi yang Memancing Rasa Penasaran Calon Pelanggan!

Panduan Berbisnis •

Diperbarui 14 November •

Baca 3 menit

Level 1 Partner GoFood Berkembang •

Diperbarui 14 November •

Baca 3 menit


Kata-kata yang membuat calon pelanggan penasaran atau bahasa kerennya adalah “hook” merupakan komponen promosi yang wajib ada di strategi pemasaran resto. Namun, memilih kata-kata untuk promosi juga tidak bisa sembarangan, lho! Anda harus memilih kata yang tepat dan bisa meningkatkan rasa ingin tahu calon pelanggan agar mereka mau melihat menu-menu di resto Anda.

Nah daripada bertanya-tanya kira-kira kata apa saja yang cocok digunakan di berbagai media promosi, BizTips sudah merangkum khusus untuk Mitra Usaha GoFood! Yuk mari kita cermati bersama-sama.

Baca juga: Cara Membuat Paket Menu yang Menarik untuk Gaet Lebih Banyak Pelanggan

Kata-kata Promosi Kreatif untuk Pikat Calon Pelanggan

1. Sapaan untuk Pelanggan

Pikirkan cara promosi Anda ini sebagai “jabat tangan” pertama antara resto dan calon pelanggan Anda. Lewat kesan pertamalah Anda dapat membuat koneksi dengan target pasar Anda.

Jika Anda memulai percakapan pertama dengan memusatkan perhatian pada merek, orang-orang yang ingin Anda jangkau cenderung tidak akan mendengarkannya.

Jadi, fokuskan rangkaian kata promosi Anda dengan sudut pandang pelanggan. Kata-kata, seperti “Anda” atau “kamu” menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda mengedepankan mereka.

Ini adalah sentuhan sederhana dan personal yang bisa meningkatkan penjualan. DIbandingkan menggunakan kata “kami” atau “saya” yang lebih merujuk pada identitas pribadi/resto, cobalah melakukan pendekatan yang lebih merujuk pada sudut pandang pelanggan, seperti Anda, kamu, kalian, dst.

Dari sudut pandang psikologis, sapaan langsung sangat berharga untuk membantu membangun koneksi.

2. “Gratis!”

Untuk pelanggan potensial yang baru saja “berkenalan” dengan resto Anda, pancingan bonus gratisan adalah taktik jitu untuk menarik mereka membeli sesuatu, seperti memberikan tester. Dengan pancingan ini, pelanggan mungkin akan bersedia mengeluarkan uang untuk berbelanja di tempat Anda.

Anda juga bisa menyematkan kata “gratis” dalam konten promosi Anda, sebagai contoh “Beli 2 paket ayam goreng GRATIS 1 es teh manis” atau “Beli 2 paket hampers kue kering GRATIS kopi 1 liter”. Jadi, buatlah insentif gratis untuk ditawarkan, entah itu minuman, camilan, atau bahkan daftar membership.

3. “Diskon … %!”

Anda juga bisa menawarkan “diskon 50%,” atau “Potongan Rp25.000 untuk pembelian berikutnya”. Sebagai contoh, Anda dapat menawarkan minimal berbelanja Rp150.000 yang nantinya akan mendapat potongan harga sebesar 10%.

Intinya, buatlah hitungan harga yang minimum pembelian dengan tepat terlebih dahulu, baru diskon atau potongan harganya disesuaikan agar Anda tidak boncos. Dengan teknik ini, pelanggan sudah pasti akan tertarik untuk berbelanja di resto Anda.

4. Tawarkan Produk Baru

Pelanggan tertarik dengan produk, menu, atau penawaran terbaru. Tegaskan kata “Baru” atau Terbaru” di foto atau caption media sosial Anda karena kata tersebut efektif menarik perhatian pelanggan.

5. Terlaris! (Best Seller)

Mengingat pelanggan sering penasaran dengan makanan yang sedang tren, mempromosikan produk best seller melalui rekomendasi dari mulut ke mulut bisa menjadi cara efektif untuk meningkatkan penjualan restoran Anda. Promosi dari mulut ke mulut tetap menjadi metode yang paling terpercaya dalam memengaruhi keputusan pembelian pelanggan.

Anda dapat mengajak pelanggan untuk mencoba produk best seller di resto Anda. Jika menawarkan secara langsung, contohnya sebagai berikut “Hai Kak, yuk dicoba roti cokelat dubai, ini menu best seller kita. Cokelat dubai ini lagi ngetren banget, lho, dan cepat habis di mana-mana!”. Kemudian, Anda bisa mengarahkan pelanggan untuk membagikan pengalaman mereka setelah mencoba produk best seller Anda di media sosial agar calon pelanggan lain semakin penasaran untuk mencoba produk tersebut.

Sementara jika promosi ditawarkan secara online (daring), Anda dapat menambahkan informasi best seller di foto atau keterangan foto. Buatlah foto dan keterangan foto yang eye catching! Maksimalkan potensi ini dengan mengedepankan produk terlaris Anda dan dorong pelanggan untuk membagikan pengalaman mereka kepada orang lain!

6. “Sekarang!”

Kata praktis ini mendorong orang untuk bertindak. “Sekarang” terkesan menciptakan urgensi. Biasanya “sekarang” digunakan sebagai bagian dari ajakan bertindak.

Contohnya termasuk: “Belanja sekarang! Klik tautan di atas untuk mulai belanja”, “Beli sekarang!”, dan “Yuk berlangganan sekarang.”

7. Jadilah yang Pertama

Pelanggan menyukai akses eksklusif. Beri pelanggan Anda sebuah kesempatan untuk “mengintip” produk baru, penawaran mendatang, hingga hak istimewa lainnya dengan kalimat atau kata-kata ajakan, seperti “Jadilah 20 orang pertama untuk mencoba [menu/produk baru]!”.

Baca juga: Pengertian, Fungsi, dan Cara Memilih Distributor untuk Usaha Makanan

Itu dia beberapa referensi kata-kata promosi yang bisa Anda terapkan untuk mendongkrak eksistensi resto di mata pelanggan. Biar makin eksis, pastikan Promo dan Iklan GoFood juga sudah aktif di resto Anda, ya!

Bagi Anda yang belum mengaktifkan Promo dan Iklan GoFood, yuk segera klik tautan di bawah ini!


Apakah materi ini membantu?

like
dislike
Feedback

Punya saran?

Berikan saran Anda terkait materi ini atau yang ingin Anda pelajari di dalam BizTips.


Punya Pertanyaan Seputar GoFood Merchant?

Anda dapat menemukan panduan penggunaan GoFood Merchant di Pusat Bantuan untuk memudahkan Anda.

carton