Semua Topik
Panduan Berbisnis
Dari Mitra Usaha
5 Strategi Mempertahankan Eksistensi Bisnis di Tengah Tren yang Terus Berubah
Dari Mitra Usaha
5 Strategi Mempertahankan Eksistensi Bisnis di Tengah Tren yang Terus Berubah
5 Strategi Mempertahankan Eksistensi Bisnis di Tengah Tren yang Terus Berubah
Mempertahankan eksistensi bisnis adalah hal yang harus terus dilakukan saat menjalankan sebuah usaha. Tingginya persaingan pasar dan minat konsumen yang beragam menjadi tuntutan utama para pemilik bisnis tersebut terus berkembang. Kondisi ini tentu menjadi tantangan bagi pemiliknya agar dapat mempersiapkan berbagai strategi dan inovasi untuk menjaga kesuksesan usaha.
Untuk itu, sebagai pemilik usaha seharusnya tidak boleh mudah puas. Anda harus memahami bahwa kesuksesan yang diraih saat ini belum tentu terus berlanjut. Sulitnya mempertahankan eksistensi ini juga ternyata dirasakan oleh Raden Gilang, pemilik Ayam Bakar Raden. Meski masih terbilang baru dalam menggeluti bidang kuliner, namun Gilang berhasil menjaga eksistensi bisnisnya bahkan hingga sukses berkembang memiliki cabang seperti sekarang. Lantas, bagaimana cara Gilang menjaga eksistensi bisnis yang ia bangun? Yuk, cari tahu.
Perjalanan Ayam Bakar Raden Bersama GoFood
Sebelum menciptakan usaha Ayam Bakar Raden, perjalanan Gilang di dunia kuliner rupanya tidak bisa dipandang sebelah mata. Untuk mengumpulkan modal di awal usaha, Gilang bekerja menjadi driver ojek online di tahun 2017. Setelah modal dirasa cukup, dirinya pun mulai meneguhkan niat untuk membangun sebuah usaha dan akhirnya memutuskan untuk berjualan ayam bakar yang ia namakan Ayam Bakar Raden.
Meski sudah berhasil mewujudkan mimpinya untuk memiliki sebuah usaha, ternyata tidak langsung membuat jalan Gilang sebagai pengusaha berjalan mulus. Dirinya terpaksa harus menghadapi berbagai ujian dalam berwirausaha, mulai dari jualan tidak laku, berpindah-pindah lokasi resto, hingga berganti konsep menjadi penjual gerobakan di trotoar jalan. Meski dirasa berat, namun Gilang mengaku bahwa semua ujian tersebut membuat mental dagangnya menjadi lebih terbentuk. Dirinya bahkan kini tidak menganggap berjualan hanya sekedar aktivitas jual beli saja, namun lebih dari itu, berjualan membutuhkan ide dan inovasi untuk membuat dagangannya jadi lebih menarik dari pedagang lain. Tidak hanya itu, kualitas rasa dari setiap menu pun harus disajikan yang terbaik untuk membuat pelanggan loyal terhadap restonya.
Dalam fase mengembangkan usahanya tersebut, Gilang memutuskan untuk mendaftarkan Ayam Bakar Raden ke aplikasi GoFood pada tahun 2019. Setelah mendaftar ke GoFood, banyak kemudahan yang dirasakan Gilang selama berjualan. Dengan GoFood, jangkauan konsumen yang membeli ayam bakarnya kini menjadi lebih luas. Pelanggan yang membeli di restonya pun banyak berasal dari lokasi yang jauh dari restonya. Hal ini tentunya menjadi dampak positif setelah sebelumnya Ayam Bakar Raden hanya menjual untuk pelanggan di sekitar restonya saja. Luasnya jangkauan pelanggan yang bisa digapai Ayam Bakar Raden tersebut tentunya beriringan dengan omzet yang diperoleh.
Pendapatan yang dihasilkan Gilang pun meningkat pesat setiap harinya. Banyaknya transaksi yang berasal dari GoFood membuat dirinya kini tidak hanya mengandalkan penjualan offline saja, tapi juga dari pelanggan yang membeli secara online. Keberhasilan Ayam Bakar Raden dalam menggaet konsumen di GoFood tidak hanya disebabkan karena Gilang mendaftarkan restonya saja. Branding yang dihasilkan Gilang juga dinilai cukup kuat untuk bertahan dan menjaga eksistensinya di dunia kuliner. Dirinya kini bahkan berhasil membuka 5 cabang dengan nama brand yang sama. Berbagai promosi dan kemudahan pelanggan melakukan transajsu membuat resto milik Gilang ini menjadi pilihan banyak orang yang ingin membeli menu ayam bakar. Dengan berbagai pilihan varian saus dan ayam bakar yang kaya akan bumbu membuat Ayam Bakar Raden memiliki posisi spesial di hati pelanggan, khususnya warga di Kota Bogor.
Lika liku Gilang dalam membangun dan mengembangkan bisnisnya menjadikan banyak Mitra Usaha lain terinspirasi. Ditambah lagi, Gilang merupakan salah satu pengurus KOMPAG (Komunitas Partner GoFood) Bogor yang berkontribusi secara aktif membantu pertumbuhan banyak Mitra Usaha lain. Kontribusi tersebut banyak ia lakukan melalui berbagai aktivitas edukasi yang diadakan GoFood, seperti kegiatan Ngopi dan KOMPAG Kopdar. Atas keaktifan dan kontribusinya tersebut, GoFood mengapresiasi Gilang dengan memberikan penghargaan sebagai Mitra Usaha GoFood Inspiratif pada Semarak KOMPAG Oktober 2023. Hebat, kan?
Strategi Mempertahankan Eksistensi Bisnis Versi Ayam Bakar Raden
1. Konsisten mempertahankan ciri khas
Meski harus mengikuti perkembangan zaman, konsisten dalam mempertahankan ciri khas dan kualitas tetap harus diutamakan. Salah satu kesalahan yang seringkali dilakukan oleh pemilik usaha yang lain yaitu mereka “latah” atau terlalu meniru setiap tren yang ada. Padahal jika kualitas dan rasa yang disajikan tidak stabil, pelanggan nantinya akan kapok membeli dan malah beralih ke kompetitor. Untuk itu, jika ingin mengikuti tren, tetaplah mempertahankan ciri khas dan pilihlah tren yang memang sejalan dengan unique selling point resto Anda.
2. Riset resto yang memiliki bahan baku sejenis
Cara lain untuk memiliki bisnis yang bertahan lama yaitu dengan rajin melakukan riset terhadap kompetitor yang memiliki bahan baku sejenis. Cobalah untuk rajin berbelanja atau membeli menu tersebut agar Anda dapat memiliki inspirasi dan referensi dalam berinovasi. Anda juga dapat menyiapkan strategi yang matang agar dapat memenangkan pasar, sehingga menu yang Anda jual tetap bisa unggul dari yang lainnya.
3. Jaga selalu loyalitas pelanggan
Menjaga loyalitas pelanggan merupakan strategi mempertahankan resto Anda yang wajib dilakukan. Oleh karena itu, Anda harus menjaga kepercayaan pelanggan dengan memastikan bahwa pelanggan puas dan tidak kecewa dengan pelayanan dan produk Anda. Untuk menjaga loyalitas tersebut, Anda dapat membuka kolom review dari pelanggan untuk memudahkan dalam mengetahui kekurangan dan kelebihan resto. Menjaga loyalitas juga bisa menekan biaya pemasaran sekaligus menumbuhkan resto Anda secara berkelanjutan.
4. Perluas jaringan bisnis
Relasi atau koneksi juga menjadi kebutuhan dalam mempertahankan bisnis jangka panjang. Dengan memiliki relasi, Anda dapat berbagi berbagai informasi seputar pengembangan sebuah usaha, cara mengatasi masalah, dan informasi lain yang bisa diberikan sebagai cara mempertahankan usaha agar tetap berkembang. Melalui ilmu yang diterima ini, Anda dapat mempelajari hal positif dan menerapkannya pada pengelolaan bisnis. Tak heran para pelaku bisnis yang memiliki banyak relasi mampu memasarkan bisnisnya dengan pesat dan mengalami perkembangan usaha yang cukup positif. Fasilitas spesial untuk Mitra Usaha GoFood, Anda bisa mendapatkan banyak materi edukasi serta kemudahan berjejaring dengan sesama pengusaha kuliner se-Indonesia melalui Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) sekarang. Banyak strategi dan tips menarik untuk membantu Anda mengembangkan usaha juga, lho.
5. Manajemen keuangan dengan baik
Manajemen keuangan yang buruk adalah salah satu penyebab utama kegagalan bisnis. Untuk itu, pastikan Anda memiliki pengawasan ketat terhadap pengeluaran dan pemasukan resto. Buat anggaran yang realistis, kelola utang dengan hati-hati, dan hindari pemborosan yang tidak perlu. Bisnis yang sehat secara finansial memiliki peluang lebih besar untuk bertahan.
Nah, itulah strategi mempertahankan bisnis yang bisa kamu lakukan untuk membuatnya terus tumbuh. Semoga hal ini bisa membantu kamu menjaga dan meningkatkan pencapaian bisnis kedepannya. Selamat mencoba!
Apakah materi ini membantu?