Semua Topik
Keuangan & Legalitas
Atur Keuangan Usaha
No Drama, Gini lho Tips Manajemen Keuangan untuk Bisnis Kecil!
Atur Keuangan Usaha
No Drama, Gini lho Tips Manajemen Keuangan untuk Bisnis Kecil!
No Drama, Gini lho Tips Manajemen Keuangan untuk Bisnis Kecil!
Memiliki bisnis kecil membutuhkan tidak hanya keterampilan dalam menjalankan operasional harian, tetapi juga kemampuan untuk mengelola keuangan dengan baik. Terlebih lagi jika Anda baru dalam menjalankan usaha tersebut.
Manajemen keuangan yang efektif sangat penting untuk menjaga kesehatan keuangan bisnis Partner GoFood dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan. Berikut adalah beberapa tips manajemen keuangan yang dapat membantu bisnis kecil Anda tetap berjalan lancar dan sukses.
Kiat Mengatur Manajemen Keuangan untuk Bisnis Kecil
1. Merencanakan Budget Usaha
Menetapkan perencanaan anggaran yang terperinci adalah kunci dalam manajemen keuangan untuk bisnis kecil. Mengapa melakukan budgeting penting dalam menjalankan bisnis kecil? Salah satunya adalah untuk menetapkan batas kinerja dan efisiensi selama periode tertentu, seperti harian, mingguan, bulanan, atau bahkan tahunan jika bisnis telah beroperasi dalam jangka waktu yang cukup lama.
Budgeting memungkinkan Partner GoFood untuk mengontrol pengeluaran yang telah direncanakan sebelumnya dan memberikan dasar untuk evaluasi di masa depan. Evaluasi yang dimaksud adalah untuk melihat apakah terjadi peningkatan atau penurunan dalam pengeluaran dan pemasukan.
2. Pisahkan Keuangan Pribadi dan Keuangan Usaha
Cara kedua dalam mengatur manajemen keuangan usaha, ialah memisahkan antara keuangan pribadi dan keuangan usaha. Membuat perbedaan antara keuangan pribadi dan keuangan usaha Anda adalah penting. Ini dapat dicapai dengan membuka dua rekening terpisah untuk keperluan tersebut.
Saat keuangan pribadi dan keuangan bisnis disatukan dalam satu rekening, Anda akan kesulitan untuk membedakan antara dana yang digunakan untuk keperluan pribadi dan bisnis Anda. Ada risiko bahwa dana dari bisnis Partner GoFood akan digunakan untuk keperluan pribadi.
Setelah dua rekening dibuat, harus tercipta komitmen untuk tidak mencampuradukkan dana tersebut lagi. Dengan cara ini, mengontrol manajemen keuangan dapat menjadi lebih efisien dan dana itu dapat digunakan untuk keperluan mendesak di masa depan, salah satunya mungkin untuk pengembangan bisnis.
3. Menghitung Profit dengan Baik
Pendapatan atau profit menjadi tujuan utama bagi seorang pengusaha saat mendirikan bisnisnya. Kendati demikian, masih ada pengusaha yang kurang memperhatikan metode perhitungan profit dengan baik.
Padahal, menghitung profit sangat vital untuk mengevaluasi performa bisnis Anda secara keseluruhan. Saat menghitung profit, pastikan semua biaya terakomodasi, termasuk biaya awal dan pengeluaran rutin.
Perhitungan profit kadang melibatkan transaksi tunai dan nontunai yang dilakukan melalui rekening bisnis Anda. Jangan lupakan penyusutan aset, kewajiban pajak, dan bunga lainnya. Dari sini, Anda dapat menentukan profit bersih bisnis Anda selama periode tertentu.
Baca juga: Ketahui Alasan Pentingnya Merencanakan Keuangan bagi Usaha Anda
4. Menggunakan Profit untuk Mengembangkan Usaha
Perbedaan antara pengusaha yang berhasil dan mereka yang biasa saja sebenarnya terletak pada bagaimana pengusaha ini menikmati hasil dari kerja kerasnya.
Tidak ada masalah jika Partner GoFood menikmati hasil tersebut untuk kegiatan yang menurut Anda menyenangkan. Namun, disarankan untuk tidak menghabiskan uang tersebut dengan gegabah.
Lebih baik jika profit bisnis digunakan untuk mengembangkan usaha lebih lanjut. Misalnya, dengan memperluas jangkauan produk atau meningkatkan modal. Atau, Anda dapat memanfaatkannya untuk investasi, seperti berinvestasi dalam saham atau reksa dana, guna meningkatkan keuntungan.
5. Membayar Semua Tagihan Tepat Waktu
Serupa dengan mengelola keuangan pribadi, dalam mengelola bisnis, Anda juga disarankan untuk segera melunasi semua tagihan yang harus dibayar. Adapun contoh tagihannya, di antaranya tagihan listrik, air, dan internet.
Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan pembayaran tagihan lainnya, seperti pembayaran kartu kredit dan pembayaran pinjaman lainnya.
Biasanya, jika tagihan tidak dibayarkan tepat waktu, Partner GoFood akan dikenakan biaya keterlambatan yang jumlahnya bisa cukup besar. Wah, bisa jadi masalah, ya! Oleh karena itu, penting untuk membayar tagihan tepat waktu guna menghindari denda tersebut. Hal ini merupakan langkah penting untuk menjaga stabilitas keuangan perusahaan dan memastikan dana tersedia untuk keperluan lainnya.
6. Perhatikan Kontrak Perjanjian dengan Pihak Ketiga
Dalam menjalankan bisnis, Partner GoFood tidak dapat bertindak sendiri. Partner GoFood perlu melibatkan pihak lain untuk membantu perkembangan dan pertumbuhan bisnis Anda.
Melibatkan pihak ketiga dapat memberikan bantuan, baik dalam proses produksi maupun pengambilan keputusan, terutama dalam manajemen keuangan.
Anda dapat memilih untuk menggunakan layanan pihak ketiga sebagai pengawas atau menyerahkan sepenuhnya manajemen keuangan bisnis kepada mereka.
Kendati menggunakan jasa pihak ketiga mungkin akan menambah biaya pengeluaran, penting untuk berhati-hati dalam menandatangani kontrak dengan mereka.
Baca juga: Pelajari Cara Cerdas Kelola Dana untuk Pengembangan Usaha
7. Mengawasi Arus Kas Keuangan
Terakhir, dalam menjalankan manajemen keuangan untuk bisnis kecil dan menengah, pastikan Partner GoFood terus memantau arus kas keuangan. Mengelola keuangan tidaklah mudah. Penting untuk memperhatikan dengan cermat bagaimana keuangan bisnis Anda digunakan.
Banyak orang mengandalkan administrator atau auditor untuk mengawasi arus kas keuangan dan menetapkan standar keuangan yang baik. Namun, menggunakan jasa mereka akan menambah biaya operasional bisnis Anda.
Salah satu solusi mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan aplikasi kasir super dari GoFood Merchant. Keunggulan dari penggunaan aplikasi ini untuk manajemen keuangan usaha Anda di antaranya adalah memonitor perkembangan omzet dengan mudah.
Aplikasi GoFood Merchant juga dilengkapi dengan fitur kasir online atau Point of Sale yang secara otomatis akan mencatat seluruh laporan transaksi dan mengirimkannya melalui email setiap harinya. Cukup mudah, bukan? Kini saatnya kembangkan usaha Anda dengan menggunakan aplikasi manajemen keuangan terbaik.
Itu dia kiat-kiat mengatur manajemen keuangan untuk bisnis kecil. Dengan menerapkan tips manajemen keuangan ini, Partner GoFood dapat memastikan bahwa bisnis kecil Anda memiliki dasar keuangan yang kuat dan dapat bertahan dalam jangka panjang. Dengan mengelola dana dengan bijak, Anda membuka jalan menuju pertumbuhan yang berkelanjutan dan kesuksesan yang berkelanjutan bagi bisnis Anda.
Namun, kunci kesuksesan bisnis tidak terletak pada manajemen keuangan saja. Untuk dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama, bisnis memerlukan pelanggan, baik pelanggan tetap yang sudah ada maupun pelanggan baru. Salah satu strategi efektif untuk hal ini adalah mengaktifkan promo dan iklan resto melalui GoFood. Mau tahu bagaimana caranya? Yuk kunjungi tautan http://gjk.id/promogofood untuk mengaktifkan promo dan iklannya!
Apakah materi ini membantu?